REAKSI-REAKSI HALOALKANA DAN TURUNAN ALKANA - KIMIA OKE PINTAR

Latest

Terimakasih telah berkunjung di KIMIAOKEPINTAR.BLAGSPOT.COM... Kami selalu menunggu kunjungan Anda berikutnya!! Salaaaaaaam dari ZAINAL ABIDIN, S.Pd (Guru SMA Negeri Unggul Pidie Jaya) Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan bergabung dengan cara klik DISINI ----> FACEBOOK ZAINAL ABIDIN atau FACEBOOK INFO PENDIDIKAN

Tuesday, November 8, 2016

REAKSI-REAKSI HALOALKANA DAN TURUNAN ALKANA

 Image result for haloalkana
Haloalkana merupakan bahan industri yang sangat penting lho. Nah, biasanya pembuatan haloalkana dibuat dari alkana melalui reaksi substitusi dan eliminasi. Berikut reaksi-reaksinya.
A. Reaksi logam Mg
Reaksi ini menghasilkan senyawa Grignard, dengan bantuan logam Mg (magnesium). Contoh reaksi ini adalah:
CH3—CH2Br + Mg –> CH3—CH2MgBr
Nah, CH3—CH2MgBr adalah senyawa Grignard hasil reaksi haloalkana dengan logam Mg
B. Reaksi hidrolisis
Nah, karena reaksi hidrolisis selalu dikatikan dengan air (H2O), maka senyawa haloalkana tersebut bereaksi dengan air menghasilkan alkohol primer dan suatu asam. Berikut salah satu reaksinya
CH3—CH2—CH2Br + H2O —> CH3—CH2—CH2—OH + HBr
C. Reaksi substitusi atom halogen oleh gugus —OH
Reaksi ini cukup menggantikan posisi gugus halogen (—X) pada haloalkana dengan gugus alkohol (—OH). Hasilnya berupa alkohol primer dan garam.

reaksihaloalkana
REAKSI SUBSTITUSI HALOALKANA
D. Reaksi eliminasi HX
Reaksi eliminasi HX dapat terjadi, dengan syarat harus dipanaskan bersama suatu aloksida. Aloksida itu apa? Aloksida adalah suatu basa Bronsted-Lowry yang sifatnya sangat kuat. Biasanya aloksida mengandung unsur-unsur pada golongan IA (kecuali H) dan IIA. Coba deh perhatkan reaksi eliminasi HX di bawah ini:

reaksihaloalkana2
REAKSI ELIMINASI HX

  • Kaidah Zaytzeff = kaidah yang menyatakan bahwa atom hidrogen akan dilepas dari atom karbon yang mengikat atom hidrogen paling sedikit. Jadi, akan menghasilkan ikatan tak jenuh rangkap 2 (=). Pokoknya, atom hidrogen “yang miskin makin miskin”.
  • Contohnya gimana dengan kaidah tersebut? Coba deh perhatikan gambar reaksi eliminiasi HX di atas, tepatnya kotak warna cokelat. Kotak tsb menunjukkan bahwa atom C di sanalah yang paling sedikit mengikat H yaitu sebanyak 2. Lho, kenapa bukan CH saja? Salah dong! Karena CH juga berikatan dengan Cl, tidak termasuk kaidah Zaytzeff🙂
  • Lalu, kotak oranye sama-sama bereaksi, tinggallah satu atom H pada kotak warna cokelat. Nah, CH yang berikatan dengan C tinggal CH saja dan kotak warna cokelat tinggal CH saja. Karena sama-sama CH, maka berikatn rangkap dua menjadi alkena.
CONTOH SOAL:
  1. Perhatikan persamaan reaksi pembuatan senyawa haloalkana berikut!
    reaksihaloalkana3
    Nama senyawa Z yang dihasilkan pada reaksi di atas adalah …
    A. 2-kloropentana
    B. 3-kloropentana
    C. 2,3,dikloropentana
    D. 2,2-dikloropentana
    E. 3,3-dikloropentana
    –> Pembahasan:
    reaksihaloalkana4
  2. Perhatikan persamaan reaksi berikut!
    Berdasarkan reaksi tersebut, rumus struktur senyawa A adalah …
    A. CH3—CH3
    B. CH2=CH2
    C. CH3—CH2—CH3
    D. CH3—CH=CH—CH3
    E. CH3—CH2—CH2—CH3
    –> Pembahasan:
    reaksihaloalkana4

No comments:

Post a Comment