Cara Mudah Menentukan Bentuk Molekul Suatu Senyawa - KIMIA OKE PINTAR

Latest

Terimakasih telah berkunjung di KIMIAOKEPINTAR.BLAGSPOT.COM... Kami selalu menunggu kunjungan Anda berikutnya!! Salaaaaaaam dari ZAINAL ABIDIN, S.Pd (Guru SMA Negeri Unggul Pidie Jaya) Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan bergabung dengan cara klik DISINI ----> FACEBOOK ZAINAL ABIDIN atau FACEBOOK INFO PENDIDIKAN

Monday, November 7, 2016

Cara Mudah Menentukan Bentuk Molekul Suatu Senyawa

Istilah bentuk molekul (kadang disebut geometri molekul) sedikit berbeda dengan geometri pasangan elektron dalam suatu molekul. Kadang hal ini sering membuat siswa bingung dan menjadi sulit untuk menentukan bentuk molekul suatu senyawa. Kadang lagi membuat siswa putus asa untuk memahami lebih lanjut. Mungkin cara berikut dapat dijadikan alternatif solusi atas masalah tersebut. Cara mudah menentukan bentuk molekul suatu senyawa.

Geometri pasangan elektron ini melibatkan semua elektron valensi yang terlibat dalam pembentukan molekul, semua pasangan elektron baik yang berikatan atau pasangan elektron bebas (tidak digunakan dalam ikatan) turut diperhitungkan.

Geometri molekul ini hanya memandang pasangan elektron yang berikatan saja, sedangkan pasangan elektron bebas tidak dipandang dalam pembentukan geometri molekul.


Untuk menyimak bagaimana geomteri molekul dan geometri pasangan elektronnya dapat dicoba-coba sendiri dengan dobel klik model yang tersedia pada layar simulasi di bawah ini.

      live Simulasi disini
Lalu bagaimana cara mudah untuk menentukan bentuk molekul (geometri molekul) itu?
Ok sebelumnya saya sudah menulis tentang trik menentukan orbital hibrida di blog ini. Ini akan menjadi modal untuk menentukan bentuk geomteri dengan mudah.
Skema yang mungkin untuk tiap orbital hibrida adalah sebagai berikut:

Contoh #1: H2O
(2 × 7) + 6 = 14 + 6 = 20
20/8 = 2 sisa 4 → X = 2; Y = 4/2 = 2
X + Y = 2 + 2 = 4 → sp3 → 1 orbital s + 3 orbital p

Terdapat 4 pasang elektron yang menempati orbital hibrida sp3
Dua pasang elektron berikatan (perhatikan nilai X) dan 2 pasang elektron bebas (perhatikan nilai Y).

Geometri pasangan elektron H2O adalah tetrahedral,
Geometri molekulnya adalah bengkok (berbentuk V) karena 2 pasang elektron lainnya tidak berisi atom. Di sini saya simbolkan dengan 2 PEI + 2 PEB artinya pada molekul tersebut 2 pasang elektron ber-ikatan dan 2 pasang elektron bebas.

Contoh #2: NH3
5 + (3 × 7) = 5 + 21 = 26
26/8 = 3 sisa 2 → X = 3; Y = 2/2 = 1
X + Y = 3 + 1 = 4 → sp3

Perhatikan kombinasi X + Y = 3 + 1 itu menunjukkan terdapat 3 PEI + 1 PEB

Geometri pasangan elektron untuk NH3 adalah tetrahedral (orbital hibridanya sp3)
Geometri molekul untuk NH3 adalah piramida segitiga.

Lebih detil dapat disimak skema berikut ini:

Demikian cara mudah untuk menentukan bentuk molekul suatu senyawa, jika ada hal yang ingin didiskusikan sila menulis komentar di bawah ini.

No comments:

Post a Comment