IndikatorAlami - KIMIA OKE PINTAR

Latest

Terimakasih telah berkunjung di KIMIAOKEPINTAR.BLAGSPOT.COM... Kami selalu menunggu kunjungan Anda berikutnya!! Salaaaaaaam dari ZAINAL ABIDIN, S.Pd (Guru SMA Negeri Unggul Pidie Jaya) Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan bergabung dengan cara klik DISINI ----> FACEBOOK ZAINAL ABIDIN atau FACEBOOK INFO PENDIDIKAN

Saturday, November 5, 2016

IndikatorAlami

Indikator alami
Beberapa tumbuhan dapat digunakan sebagai indikator karena tumbuhan tersebut memperlihatkan perubahan warna dalam larutan asam atau basa. Jenis atau bagian tumbuhan yang dapat digunakan sebagai indikator alami, anatara lain bunga sepatu, mawar, kunyit, dan kubis ungu. Indikator ini banyak digunakan di labolatorium sekolah karena penggunaan mereka relatif minim “biaya”.
Menentukan sifat asam danbasadapat dilakukan dengan indikator alami antara lain:

no
Indikator
Larutan asam
Larutan basa
Netral
1
Ekstrak bung sepatu
merah
hijau
ungu
2
Ekstrak kulit manggis
Coklat kemerahan
Biru kehitaman
ungu
3
Ekstrak kol merah
Merah muda
hijau
ungu
4
Ekstrak kunyit
Kuning tua
Jingga /orange
Kuning terang
5
Brom timol biru
kuning
biru
6,0 – 7,6
6
fenolftalin
Tidak berwarna
merah
8,2 – 10,0

pH Meter


pH meter adalah salah satu peralatan yang dapat membantu kita dalam menentukan pH suatu larutan. pH meter mempunyai elektroda yang dapat di celupkan kedalam larutan yang akan diukur pH-nya. Nilai pH dapat dengan mudah dilihat secara langsung melalui angka yang tertera pada layar digital dari alat tersebut.
  
Indikator Universal


indikator universal akan memberikan warna tertentu jika di teteskan atau dicelupkan kedalam larutan asam atau basa. Warna yang terbentuk kemudian di cocokan dengan warna standar yang sudah diketahui nilai pH-nya. Nilai pH dapat ditentukan dengan indikator pH (indikator universal), yang memperlihatkan warna bermacam-macam untuk tiap niali pH yang relatif sempit hal ini karena indikator universal di lengkapi dengan peta warna, sehingga kita bisa menentukan nilai pH zat berdasrkan warna-warna tersebut.

Makin asam suatu larutan makin kecil nilai pH-nya. Larutan dengan pH = 1 itu artinya mereka akan memiliki 10 kali lebih besar sifat asam daripada mereka yang memiliki larutan dengan pH = 2, itu juga berlaku untuk larutan dengan pH sama dengan  1 yanga akan memiliki sifat 100 sifat asam yang lebih besar daripada mereka larutan yang memiliki pH sama dengan 3 dan seterusnya. Makin besar nilai pH suatu zat, maka zat tersebut makin basa.

No comments:

Post a Comment