Mata Pelajaran : Kimia
Satuan Pendidikan : SMA/MA
Program : Ilmu Alam
Jumlah Soal : 1
Bentuk
Penilaian : Praktek
Tahun Pelajaran
: 2011/2012
Standar Kompetensi : 3. Memahami sifat-sifat
larutan non-elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-redukasi
Kompetensi Dasar : 3.1
Mengidentifikasi sifat larutan non-elektrolit dan
elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.
Indikator
Kompetensi : Mengelompokkan beberapa larutan kedalam
larutan
elektrolit
atau non elektrolit melalui
percobaan
Indikator
Soal : Siswa dapat mengelompokkan beberapa larutan ke dalam
larutan elektrolit atau non-elektrolit melalui percobaan
No Soal : 1
Soal :
Lakukan percobaan untuk mengelompokkan larutan A, B, C, dan D ke dalam
larutan elektrolit kuat, elektrolit lemah atau non-elektrolit
Pedoman Penskoran :
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
A
|
Persiapan
|
|
|
1. Menyediakan alat-alat untuk percobaan,
yaitu :
|
|
|
|
5
|
|
|
5
|
|
|
5
|
|
|
5
|
|
|
5
|
B
|
Proses
|
|
|
1.
Merangkai alat uji elektrolit sehingga berfungsi
dengan baik
|
10
|
|
2.
Memasukkan larutan 15 ml larutan A kedalam gelas
kimia
|
10
|
|
3.
Menguji daya hantar listrik larutan A dan mencatat hasil pengamatannya
|
10
|
|
4.
Mengulangi perlakuan dengan larutan B, C dan D
( Catatan
: Setiap menguji larutan batang
electrode dalam keadaan bersih )
|
10
|
C
|
Hasil
Pengamatan
|
|
|
1. Kelompokkan larutan ke dalam
larutan elektrolit kuat, elektrolit lemah dan larutan non elektrolit
|
20
|
D
|
Pertanyaan
|
5
|
|
1. Kalau seandainya larutan A, B,
C, dan D secara acak adalah larutan gula, garam, natrium klorida, dan cuka,
maka cocokkan masing-masing larutannya.
|
5
|
|
2. Tuliskan reaksi ionisasinya
|
5
|
Skor Maksimum
|
100
|
No comments:
Post a Comment