Percobaan Kimia Membuat Peniup Balon Otomatis - KIMIA OKE PINTAR

Latest

Terimakasih telah berkunjung di KIMIAOKEPINTAR.BLAGSPOT.COM... Kami selalu menunggu kunjungan Anda berikutnya!! Salaaaaaaam dari ZAINAL ABIDIN, S.Pd (Guru SMA Negeri Unggul Pidie Jaya) Untuk mendapatkan informasi terbaru silahkan bergabung dengan cara klik DISINI ----> FACEBOOK ZAINAL ABIDIN atau FACEBOOK INFO PENDIDIKAN

Sunday, November 26, 2017

Percobaan Kimia Membuat Peniup Balon Otomatis



Kali ini bisakimia membuat percobaan yang mudah dan cukup menarik, yaitu Percobaan Kimia Membuat Peniup Balon Otomatis. Percobaan ini merupakan percobaan kimia klasik yang dimodifikasi sehingga menjadi lebih menarik. Apa itu percobaan kimia “klasik” ? Maksudnya ialah percobaan yang sangat sederhana yang sudah banyak di lakukan sejak dahulu. Nanti akan di bahas di pembahasan. Sekarang mari langsung kita ulas video di atas

Bahan yang di perlukan :

  1. Cuka
  2. Botol (Bisa juga jerigen)
  3. Balon
  4. Soda kue

Cara Kerja :

  1. Masukkan soda kue ke dalam balon hingga balon cukup penuh
  2. Masukkan cuka ke dalam botol secukupnya saja, jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit
  3. Masukkan mulut botol ke mulut balon, hati hati jangan sampai ada soda kue yang jatuh dan masuk ke dalam cuka
  4. Berdirikan balon atau tarik ujung balon ke atas sehingga soda kue akan jatuh ke dalam botol dan bereaksi dengan cuka
  5. Lihat reaksinya, balon akan mengembang besaar seperti telah ditiup dengan peniup balon otomatis

Pembahasan

Masing masing bahan di tempatkan di wadah yang berbeda karena jika tercampur maka akan langsung bereaksi. Cuka di masukkan ke dalam botol secukupnya agar nantinya gas yang di hasilkan dalam reaksi tidak terlalu besar atau terlalu sedikit. Jika terlalu besar, nanti balon akan meledak atau terlepas dari botol. Sedangkan jika terlalu sedikit, percobaan menjadi kurang menarik bahkan terlihat gagal.
Lalu ini dia percobaan kimia klasik yang di maksud, yaitu saat soda kue atau baking soda di campurkan dengan cuka atau asam asetat. Akan terjadi reaksi seperti di bawah ini :
CH3COOH + NaHCO3 ==> CH3COONa + CO2 + H2O
Percobaan ini sudah banyak di lakukan di berbagai media, misalnya saja di percobaan membuat gunung berapi dan sebagainya. Gas CO2 pada hasil percobaan ini yang akan membuat balon menjadi mengembang.
Demikian kira kira penjelasan mengenai Percobaan Kimia Membuat Peniup Balon Otomatis .

No comments:

Post a Comment